Trik Edukasi Anak Tentang Cara Bersikap dengan Benar

0
446
Edukasi Anak
Edukasi Anak

Memberikan edukasi anak tentang cara bersikap yang benar adalah dengan menuntunnya dan memberikan contoh. Kata-kata pertama yang membuatnya membentuk sikap sopan adalah tolong dan terima kasih. Anda mulai dari diri Anda. Misalnya, Anda meminta bantuan darinya maka, awali perkataan Anda dengan “Tolong” ambilkan ini sayang. Lalu, setelah Anda menerima bantuan darinya, maka katakan “terima kasih” ya sayang.

Edukasi memang sangat penting, tapi kesehatan badan dan otaknya juga amat penting. Anda bisa menjaga kesehatan tubuh dan otaknya dengan menyajikan Dancow yang mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda terbiasa mengucapkan kata-kata yang sopan, dia juga akan terbiasa mengatakannya dalam kesehariannya. Sebab, anak selalu mengikuti apa yang diarahkan oleh orang tuanya terutama ibu karena yang selalu bersamanya.

Jangan lupa juga untuk mengucapkan kata “permisi” saat Anda berinteraksi dengan orang-orang sepanjang hari. Biarkan anak Anda menangkap pembicaraan dan sikap yang sopan. Itulah langkah edukasi anak yang tepat. Selanjutnya, ajarkanlah dengan meminta ijin. Sebagai contoh, “Andra maukah Anda melakukan ini untuk ibu?”. Edukasi anak dengan meminta ijin merupakan suatu hal yang tepat untuk membuatnya bersikap baik.

Bila Anda seperti meminta ijin darinya, dia pun akan begitu. Sehingga, ketika Dia mau berbuat apapun akan meminta ijin kepada Anda atau yang lainnya. Secara tidak langsung juga, hal itu menjelaskan padanya bahwa meminta ijin itu penting. Tetap terhubung dengan anak Anda dalam situasi apapun. Karena mungkin saja dia berisiko membuat perilaku yang tidak diinginkan. Saat berkunjung ke rumah teman atau ke tempat lainnya, tetap jaga anak agar selalu berada dekat Anda.

Pertahankan kontak verbal dan mata secara terus-menerus. Bantu anak Anda yang lebih tua merasa menjadi bagian dari tindakan tersebut sehingga dia cenderung tidak bosan dan terjebak dalam masalah. Perlu Anda ingat juga bahwa edukasi tidak dengan memaksanya. Oleh karena itu jangan terlalu memaksakan sopan santun. Bahasa adalah keterampilan yang bisa dinikmati, tidak dipaksakan. Biarkan dia belajar sikap dengan menyenangkan, bukan karena keterpaksaan.